Portal Karya Nyata Merah Putih
Rubrik : Listrik
Peluang US $ 2 milyard di industri transmisi listrik & gardu induk
Kamis, 21 Februari 08 - by : Triharyo (Hengki)
Rekans

Mungkin tidak terlalu terlihat dengan kasat mata, tetapi saat ini sedang ada peluang pembangunan transmisi listrik dan gardu-gardu induk di seluruh Indonesia yang nilainya relatif sangat besar, yaitu Rp 18 Triliun (US $ 2 Milyard). Proyek-proyek ini akan berjalan sejak akhir 2007 sampai dengan tahun 2010, denga maksud untuk mendukung program pembangunan pembangkit listrik 10.000 MW yang saat ini sedang dilaksanakan oleh pemerintah. Pada tanggal 27 September 2007 telah ditandatangani enam kontrak senilai Rp 914,24 miliar.

Selanjutnya Pada tanggal 9 November 2007 ditandatangani 19 kontrak senilai Rp 1,615 triliun. Menjadi total Rp 2,5 Triliun nilai kontrak yang telah efektif di tahun 2007.

Sedangkan kontrak yang akan ditenderkan di tahun 2008 bernilai sekitar Rp 11 Triliun (US $ 1,2 Milyard).

Salah satu hal yang patut disyukuri dari kegiatan pembangunan transmisi dan Gardu Induk ini adalah kandungan lokalnya. Proyek-proyek ini akan menyerap minimal 50 persen kandungan local, seperti :

1. Gedung kontrol,

2. Fondasi,

3. Kabel kontrol,

4. Kawat/konduktor,

5. Menara listrik tegangan tinggi,

6. Isolator,

7. Panel,

8. Serandang gardu induk,

9. Trafo daya,

10. Erection dan stringing

Inilah peluang untuk berbisnis dan berkarya nyata. Saya mendengar hampir seluruh perusahaan-perusahaan di bidang pembangunan transmisi ini sudah mulai kewalahan dengan proyek-proyek yang tiba-tiba datang dalam waktu yang bersamaan. Sebagai ilustrasi, sepanjang Indonesia merdeka, kapasitas pembangkitan yang telah dibangun baru sekitar 25.000 MW. Saat ini dalam kurun waktu hanya 2 tahun, kita akan membangun 10.000 MW atau hampir 50% dari yang telah ada selama ini. Jadi bisa dibayangkan betapa sibuknya teman-teman di industri pembangunan pembangkit dan juga pembangunan transmisi listrik.

Best regards

Triharyo soesilo

Portal Karya Nyata Merah Putih : http://www.triharyo.com
Versi Online : http://www.triharyo.com/?pilih=news&aksi=lihat&id=56