Portal Karya Nyata Merah Putih
Rubrik : Migas
Mari Gunakan Refrigeran AC lokal - ramah lingkungan, mengurangi impor & menghemat listrik
Selasa, 24 Maret 09 - by : Triharyo (Hengki)

Nanang Kuswara (MA-77), sang pengelola "The Residence" (dulu Hilton Residences), kemarin 23 Maret 2009 baru saja mendapat piagam penghargaan dari APRRAL (Asosiasi Penyalur Refrigeran Ramah Lingkungan). Penghargaan tersebut diberikan kepada Nanang oleh Komara Hidayat, pengurus APRRAL dan Dirut PT Globalindo Niaga Prima. Nanang memperoleh penghargaan tersebut, karena ia memelopori pemakaian Refrigeran ramah lingkungan yang berbasis hydrocarbon, hasil produksi Pertamina di seluruh kompleks "The Residence". Produk refrigeran karya lokal ini lebih dikenal dengan nama "Musicool".

Sejak tahun 2007, The Residence menerapkan penggunaan refrigeran Musicool di seluruh sistem pendinginan gedung-gedung. Penggunaan refrigeran ramah lingkungan ini mempunyai berbagai dampak. Selain mengurangi efek rumah kaca, tidak mengakibatkan penipisan ozon, meningkatkan produksi dalam negeri, tetapi juga memberikan penghematan biaya yang cukup lumayan.

Dengan menerapkan program refrigeran dalam negeri, penggunaan energi juga dapat dikurangi secara relatif drastis. Nanang menginformasikan bahwa di tahun 2007, terjadi penghematan konsumsi energi sebesar Rp 2.5 Milyard untuk seluruh kompleks. Sementara untuk tahun 2008, terjadi penurunan lagi sebesar Rp 1.1 Milyard dari tahun 2007. Dari data di lapangan, penerapan refrigerant Hydrocarbon dapat menurunkan konsumsi listrik (untuk pemakian AC), sebesar kurang lebih 20 %. Refrigeran Hydrocarbon ini dapat dipakai untuk berbagai jenis pengatur temperatur udara seperti AC spilt, split-duct ataupun chilling system.

Selamat mencoba karya putra bangsa untuk menghemat listrik, sambil mencegah global warming.

Salam
Hengki

Nb :Kisah kehidupan Nanang Kuswara juga sangat unik dan agak spektakuler. Silahkan baca kisah hidupnya di link ini. Nanang dapat dihubungi pada e-mail berikut cangkurileung_2rj@yahoo.com


Portal Karya Nyata Merah Putih : http://www.triharyo.com
Versi Online : http://www.triharyo.com/?pilih=news&aksi=lihat&id=164